Tuesday, June 18, 2013

sayang anak... sayang anak...

Lagi males curhat ah!
sekali-kali bo' ya ngisi blog pake yang seru kayak blog orang.. jangan galau mulu..! *ngomong ama kaca*

Baeklah. mari nulis yang baik-baik dan bermanfaat.
Apa ya? *doengg!*

iih, belom pernah cerita soal kegiatan eyke yang seru seru nih..! padalah judul Blognya aja udah "bertualang" tapi isinya galau mulu yak? hahahaha! maappp... namanya juga puber. *eh?!

Biar emak galau begini, kalo soal sayang anak mah jangan ditanya. Insya Allah, tulus lahir batin sayang ama anak dan selalu pengen yang terbaik buat anak! suer! (ya iya kalee... semua emak begitu, Pipit!)

Mangkanye, sempat parno bin watir waktu pindah ke komplek apartemen macam tempat tinggal saya sekarang ini. Serem ya bo.. mo jadi apa anak gue, punya mall di bawah rumah?? belom lagi tetangga yang kagak pernah negor. Bisa dipertanyakan tuh keshahihan hadist rasul soal memuliakan tetangga. Mo jawab ape nanti kalo anak gue nanya soal tuh hadist. Tapi, dari mana juga dia bisa dapet itu hadist? mana ada tempat ngaji di komplek beginian??

itu baru soal hadist, eh sosial maksudnya. belom soal kesehatan! lu kate tinggal di petak 30m persegi, dengan jendela satu biji dan balkon segede upil (upil jin kali ya?), bisa segar jiwa raga saban pagi? ongkek iya. Udah sistem sisrkulasi udara seadanya, udara yang diisep juga belom tentu bagus. Ini Jakarta, sodara-sodara! eungap! ceuk urang sunda mah.

Ditengah keparnoan yang melanda dengan dasyat, ternyata insting emak-emak saya bekerja dengan cepat. Satu hal yang kepikir waktu itu, kalo lingkungannya emang begini, berarti gue harus nge-ubahnya (bukan ngerubah kan ya?), minimal nyiptain sesuatu yang bisa jadi 'tempat maen yang kondusif' buat anak gue. Baiklah, maka saya bersama beberapa ibu dengan insting dan keparnoan yang sama, kami membangun tempat ngaji anak-anak! Wuuush! Bim Salabiim! eits, gak usah dibayangin kita beli satu tower, trus kita pasang neon box gede bertuliskan "Tempat pengajian anak-anak. Mo jadi anak sholeh? ngaji di mari!" Gak gitu lah yah... kita gak setajir ituu.. 

Yang terjadi adalah, kita duduk melingker lesehan, di atas sajadah masjid yang sepi, nun jauh di basement deket parkiran mobil. disitulah kita ngaji. bareng para balita. baca iqra.

Yeah, itulah kenangan masa lalu.. (taelah!), sekitar lebih dari setahun yang lalu. Sekarang, saban sore masjid di komplek apertemennan hedon ini, meski masih teteup di basement, selalu rame oleh anak-anak. lebih dari 50 anak ngaji tiap sore. Masjid juga udah dipasangin AC dan wifi (ihiy!), dan makin banyak jamaahnya. Jadi makin hidup. Jadi berasa punya masjid. Dan yang paling penting, anak-anak komplek ini kenal ama masjid. meski teteuuup! namanya anak-anak, lari-lari jumpalitan di masjid... -___-" 

Gak cuma jadi tempat  ngaji anak-anak. Tapi kita juga eksis jadi tempat ngumpul ibu-ibu, dan gak mau kalah, ibu-ibu juga ngaji deh. Trus waktu romadhan kemaren kita bikin kegiatan banyak, keliling komplek apartemen, bagiin ta'jil, santunan anak yatim, dan lain-lain. taraweh jadi rame (walo panas bgt, blm ada AC wkt itu). Dan yang paling bikin seneng adalah, anak saya ada diantara anak-anak masjid itu, dan selalu semangat untuk belajar ngaji.

Awalnya, emang karena pengen anak sendiri punya kegiatan positif dan lingkungan yang baik. Lama-lama ketika ngeliat pendaftar ngaji makin banyak (tercatat 130 lebih anak), jadi tersadar, bahwa hal seperti ini juga dibutuhkan banyak orang. Tapi gak setiap orang  bisa (saya yakin pasti mereka juga ingin) bisa membangun semua ini. Banyak orang tua yang datang, ingin daftar dan "nitip" anaknya biar bisa belajar negaji dan punya teman-teman yang baik. "Nitip" karena orang tua gak bisa dampingi dia sepanjang hari dan baru bisa jemput pas pulang ngaji. 

Pengajian ini murni kegiatan sosial, dalam arti tidak ada sedikitpun niat untuk menjadikannya bisnis. Dan semoga saya bisa istiqomah begitu. Meski lama-lama, seiring waktu, banyak ibu-ibu penggagas yang pindah, dan tinggalah gak lebih dari 3 orang (bentar lagi 2) yang ngurusin. Sementara urusan makin banyak. Pusing? iya. Cape? iya. Tapi kalo inget betapa banyak ibu-ibu diluar sana yang nitipin anaknya, karena mereka harus kerja, saya jadi gak tega untuk gak ngurusin TPQ ini. 

Saya ngerti banget perasaan para orang tua yang khawatir pada lingkungan anak-anaknya. juga perasan orang tua yang resah sepanjang hari (trutama ibu) yang harus ninggalin anaknya untuk kerja. Sayapun, jika dulu ada tempat ngaji (udah jadi) yang bisa jadi tempat anak saya main dengan baik, saya pasti udah masukin Nawla ke situ. Jadi, soal ngurusin tempat ngaji anak-anak ini, akhirnya jadi urusan yang cukup serius untuk saya.

Mungkin emang, di tiap lingkungan, akan ada pionir untuk sesuatu yang baik. Dari dulu saya selalu kagum pada para penggagas gerakan sosial. selalu kagum pada para relawan. Hidup mereka seperti hidup yang berisi. yang  utuh, yang selalu punya arti di tiap geraknya. Mungkin inilah salah satu rejeki Allah buat saya; jadi pengurus TPQ. Cape, pusing, tanpa ada profit apapun (malah cenderung banyak keluar duit sendiri), tapi inilah penyeimbang itu. Dari jutaan masalah yang menghantui tiap hari, dari pikuk ibu kota yang mendera tiap detik, dari udara Jakarta yang pengang dan panas, di masjidlah saya temui pembasuh semua lelah. Melihat anak-anak yang belajar mengaji, mendengar setiap nasihat kebaikan yang disampaikan pada mereka oleh para ustsdzahnya, bercengkrama dengan orang-orang baik yang hatinya selalu terpaut di masjid. Seperti menemukan banyak keajaiban di sana. Selalu aja ada hal yang bikin tenang. 

Awalnya untuk Nawla. Lalu ini adalah untuk anak-anak yang lain juga. Lalu menjelma jadi penyeimbang hidup yang ajaib. Lalu semuanya seperti kembali pada diri sendiri. Hidup jadi lebih terisi.

Maka bener adanya janji Allah. Tak ada yang sia-sia pada setiap amalan baik. 
Ketika kesempatan itu ada, ambilah. jangan  berhitung telalu rumit. amalan baik sudah jelas balasannya. Balasan yang seringkali datang dengan cara yang tak terduga. Ajaib. Dan karenanya saya selalu merasa, betapa hidup saya selalu penuh keajaiban.

Alhamdulillah...
jadi, Nyok ngaji buibuuu.....! hehe!




No comments: