Friday, June 28, 2013

Dream Office

Buat temen-temen yang ngantor nih... dan para working mom yang tangguh.
How's ur work today? hehehe... still in charge on good mood gak nih?
Cuma pengen berbagi, tentang beberapa pengalaman teman-teman yang bekerja, terutama di ibu kota. Soal, apakah ini pekerjaan yang  kita mimpikan??

Waktu kita sekolah, sampe kuliah, sbelum nyebur ke dunia kerja, pasti punyalah mimpi nanti pengen kerja di mana, kantor yang kayak apa dengan Bos yang seperti apa. Sebagian dari kita akan mencatat mimpinya dengan baik dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai semua itu. Sebagian  lagi, yang mimpi dan bayangan soal kerja belom kebentuk sempurna, mungkin akan cari-cari kerjaan yang (katanya) keren menurut kebanyakan orang. Pun dengan teman-teman yang milih wirausaha, pastilah punya mimpi kelak usahanya maju dan bisa punya markas bisnis yang yahud.

Ini soal Kantor, kawan. Soal tempat di mana kita bakal ngabisin waktu dari pagi sampe malem (banget kali), senin sampe jumat. Its almost our whole life. Untuk lokasi yang menyerap waktu hidup kita demikian besar, mestinya kita juga kudu serius memilihnya bukan? kayaknya ada yang tereak tuh, hari gene MILIH tempat kerja??? di jaman susah dapet kerjaan mo nyari tempat kerja ideal? nyebur aja ke waduk pluit.
The Fab Google Workplace


Iyaaa seeeh.... kayaknya naif banget ya mo nentuin tempat kerja. Tapi gapapa ah, kita  berhak kok! Tapiii.. yaiyalah ada tapinya! kita juga kudu layak secara kualitas diri untuk masuk ke kantor yang kita suka. Mungkin perjalanannya bakal terjal, namanya juga hidup, masih muda emang kudu terjal, jungkir balik, melayang, menyungsep... *tepar*

Di awal kerja, ketika kantor impian belom terjamah, ada kantor-kantor yang kita jadikan batu loncatan. Eehh.. ternyata tuh batu loncatan enak juga, bikin betah... akhirnya lamaaalah di situ, dan akhirnya menetap dan memproklamirkan diri untuk mengabdi sampe pensiun! kecuali yang emang milih jadi PNS yah, kalo untuk jenis itu, sekali milih, seumur hidup lo harus nanggung pilihan itu (hampir samalah kayak milih nikah). Nah, balik ke batu loncatan. yah, kalo emang disitu cucok dan asoy, yasud, nikmatilah hidup lo dengan rutinasnya yang ditawarkan di situ. Selamat deh, hidup lo tinggal nunggu dapet pasangan, anak lahir, anak sekolah, lulus, dapet mantu, dapet cucu, trus... pulang ke akherat. Sounds bored? belum tentu, buat sebagian orang, hidup ya emang harusnya begitu. Lempeng aja, ngapain jungkir balik mulu..

Nah, ada juga yang jadiin batu loncatan bener-bener batu loncatan. kalo perlu loncatnya kayak kodok nyebrangin danau, tuk, tuk, tuk... byur!!! 3 bulan di kantor inih, 3 bulan di kantor ituh, 3 bulan di prusahaan sini, 3 bulan di sono, dalam setaon bisa dapet 4 kantor! buat bikin CV sih oke banget! kesannya pengalamannya ajib bener.. pdhl cuma per-3 bulan. Hati-hati juga, bisa dikira gak becus kerja, tiap 3 bulan pindah.

Lalu setelah loncat berkali-kali... atas segala usaha yang luar biasa, akhirnya nasib memberikan keberuntungannya bertandang ke kantor impian. Sampailah kita di sana. Gimana rasanya? megang ID card kantor baru berasa  megang  medali emas di atas podium olimpiade kali ya? bangga banget! bahagiaa banget! Lalu hidup lo selesai? Ya enggalaaaah! Itu baru awal, kita kudu ngadepin yang sebenar-benarnya pekerjaan di depan nanti! Buat yang ngejar pekerjaannya sebagai kerjaan impian,maka beruntunglah, di kantor impian lo bakal dapet semua yang lo pengen dan bisa bekerja dengan penuh passion! buat yang sekedar pengen nampang  punya kantor alias gedung yang bo-na-fiiit, ya siap-siap untuk kerja keras, kalo gak, lo bisa ditendang dengan gampang dari gedung kesayangan lo.

Buat yang akhirnya mendapatkan pekerjaan impian di kator impian dengan bos impian juga rekan kerja impian... Selamat. Tapi bukan berarti juga sisa hidup lo selanjutnya adalah surga dunia. Namanya juga hidup, kalo belom mati, belom selesai nih permainan! hehe.. U guys, seberapa jauh lo bisa me-manage passion lo? sama juga kali ama iman, ada turun naiknya. Trutama ketika ada hal-hal yang ternyata oh ternyata gak sesuai ama yang lo bayangkan selama ini! misal... ini adalah kantor impian lo dengan segala fasilitas yang lo dambakan, tapi ternyata lo alergi ama pengharum ruangannya?!! ooh nooo! :( Atau.. selama ini lo pikir seseorang hebat yang kini jadi Bos lo itu emang  jagoan kelas kakap dibidangnya, tapi ternyata kalo ngasih kerjaan gak pernah ngitung, sampe dini hari lo masih aja di-push! nah lo! Atau juga nih... lo pikir bakal sekantor ama orang-orang asyik yang keren-keren tapi ternyata kalo urusan kerjaan mereka gak asik banget... pyuuh! bisa banget kan begitu? Lalu, lo bakal kecewa? bakal mundur? ENGGA lah yaaa...janganlah... Just stay there and have  fun! And believe, that u are the most luckiest people in the world who got ur dream office. Dan sekarang saatnya membuktikan diri bahwa kita layak untuk impian kita sendiri. Ah, jadi inget kat-kata  di buku Sang Pemimpi (Andrea Hirata, i love him!), seberapa pantas kita untuk mimpi kita? kelayakan kita juga diukur dari seberapa besar kelapangan hati menerima semua yang ada di tempat impian kita, termasuk bila ternyat mimpi itu tak seindah yang kita bayangkan.

Di dunia fana ini, seringkali bayangan lebih indah  dari pada kenyataan, kawan. Keindahan yang melebihi bayangan manusia tercerdas manapun mungkin cuma di syurga yang sebenernya di akherat sono.

Yah, bermimpilah, lalu berusahalah meraihnya, lalu terimalah  dengan lapang dada... bila bosan? ya mimpi yang lebih tinggi lagi... tapi hati-hati, mimpi tuh buat sesuatu yang lebih baik, ukurannya ke atas, jangan melipir ke samping, jadi nyoba yang aneh-aneh gak berguna.. (tar deh kita bahas soal BOSAN! yiuuuk marii...!)

Ciao dulu yak! ;)


No comments: