Wednesday, June 19, 2013

its (always) hard to be perfect

Siapa sih yang gak mau jadi SEM-PUR-NA?
Mau dooong! Palagi kalo pake dinyanyiin... "Kau begitu sempurnaaa.." halah!

Tapi cape gak sih boo.. berusaha untuk jadi sempurna?
eniwey, sebenernya sempurna itu kayak apa ya?
Tiap orang mungkin beda. Coba saya share SEMPURNA menurut seorang Fitriah Dwiastuti :
menurut gueee...  SEMPURNA itu adalah (ini dalam konteks perempuan yak, kan gue pereu bo!) :
1. bisa jadi perempuan ideal (cantik, mulus, enak diliat, enak didenger, menyenangkan setiap detik) sehingga suami senaaaang!
2. bisa jadi ibu yang hebring (jago ngedidik anak jadi sholeh dan cerdas, mengembangkan bakat anak, kawan yang menyenangkan buat anak, ngurusin anak sehat lahir batin, selalu ada buat anak dan suami)
3. jago ngurus suami (nyiapin semua kebutuhannya tanpa lupa, ngurusin semua yang gak sempet diurus suami, pokoknya suami tinggal berangkat kerja dengan tenang dan pulang kerja dengan senang!)
4. jago masak! (bikin masakan super enak tapi tetep sehat!)
5. Jago ngurus rumah (rumah selalu rapi, expert banget dalam urusan bersih-bersih segala rupa)
6. Ahli keuangan (all in dah! jago berhemat, jago investasi, jago akuntansi!)
7. punya karir cemerlang (Naaah! semua kesempurnaan itu juga terjadi di kantor dong yaa... sehingga bisa punya jabatan keren plus pendapatan yang ajib! Bisa kontribusi besar dalam hitung2an dana rumah tangga)

hmm... apalagi ya?
oh iyaaa.... SHOLEHAH! rajin ibadah, rajin sedekah, gak pernah lupa doain anak dan suami.

Yah, paling gak segitulah pencapaian yang hars dimiliki seorang perempuan, menurut saya. Too much? gak tau juga.. too hard? sepertinya...

Tapi coba tanya pada semua lelaki, is that all u want, guys? sebagian besar kayaknya bakal jawab iya.

Sadar ato gak sadar, saya rasa (ini subjektif sebenernya), semua perempuan, terutama yang udah jadi istri danibu pasti berharap se-sempurna itu. harapan yang  seringkali (sadar ato gak sadar ini yaa..) disebabkan oleh tuntutan dari kaum lelaki. sebagai contoh aja nih ya.. kalo suami selingkuh, apa yang pertama kali terbersit di benak para istri? marah? iyalah. trus pasti terbersit, "gue kurang apa??" ato "Kayak apa sih perempuan itu?" We, the woman, do a compare, and then trying to be MORE than others...

Ato... sering gak sih denger, "Dandan dong Jeng, biar suami gak lirik-lirik yanglain!", ato "pake cream ini deh, yey pasti  gak akan keriput! suami sekarang mana bisa liat keriput!" ato "Masak yang enak dong biar suami betah!" ato "Urus anak yang bener, tar suami nyariin ibu yang lain loh buat anak lo!" ato "punya istri kaya, siapa sih yang nolak??"

serem gak sih, para istri?

Lalu para istri pun dirundung kekhawatiran akan sebuah ancaman: jadilah istri dan ibu yang sempurna, kalo gak suami lo bakal cari istri yang lain!

Fyuuuh....!

Udah usaha jadi sempurna (paling gak untuk ukuran yang saya tulis di atas) aja susehnya setengah matee, ditambah ancaman kayak begitu. Stresslah ya...!

Tapi nih, ya Jeng... kalau kata saya, semenakutkan apapun ancaman itu, just please... cobalah untuk gak terpengaruh! selingkuhnya suami dan kesempurnaan seorang istri itu sebenarnya tidak ada hubungannya! (menurut penelitian pribadi untuk beberapa kasus, tapi silakan dibuktikan dalam penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih representatif, dan buktikan bahwa hipotesa saya nyata!). Para lelaki itu emang terlahir punya rasa bosan yang lebih akut dari perempuan. Jadi, mo se-sempurna apapun kita sebagai istri dan ibu, kalo kita gak punya kemampuan berganti-ganti casing kayak henpon, misalnya sekarang bodynya kayak J-Lo bsk kyk Jupe, besoknya jd semanis bintang korea, besoknya jadi se-seksi beyonce... Kita gak akan bisa  deh menjamin laki kite gak akan selingkuh... doi kan manusia dewasa juga, walopun they are just a kid in a huge  body, hehehe... Jadi kita GAK akan bisa mengendalikan para suami seutuhnya, dengan device apapun.

YAh, balik lagi ke soal SEMPURNA. mencoba sempurna itu gak salah kok. Tapi kalo sampe kita berusaha sempurna PLUS merasa terancam bila gak sempurna kita akan kehilangan sesuatu, jangan deh. cuma nguras energi! yang  ada kite stress sendiri. Berusahalah jadi sempurna karena kita emang punya fitrah untuk menjadi lebih baik di setiap hari. pake ukuran yang gampang aja, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari esok. gak perlu di banyak hal, cukup di beberapa hal aja. fokus pada perbaikan  diri karena kita ingin hidup yang lebih baik, bukan karena kita takut gak diterima oleh orang lain. Dan selalu belajar untuk menghargai diri sendiri, karena dengan itu orang lain bisa menghargai kita. Gampang? ya enggalah! nulisnya sih gampaaaang!

Soal suami selingkuh sih... itu soal laen lagi! Tar kita bahas khusus, soalnya nih kalo yang begini, kite gak bisa urus sendirian! soal jagain suami itu kita butuh sesuatu yang super! most of us call it: GOD.

ciao! eyke mo urus anak dulu...
hope ur day better, para teman-teman cantik! believe that u are beautiful, smart dan charming! so, dont stop triying  to be perfect! u can be! doing better is the way to. Semaaaanggggg...at!


No comments: